Home » » Pesona Bukit Liang Bangkai

Pesona Bukit Liang Bangkai



http://bit.ly/1N75xuK
Borneo adalah sebutan untuk pulau Kalimantan secara internasional dan termasuk dalam pulau terbesar di dunia. Masuk dalam pulau besar membuat daerah ini memiliki daerah yang menarik untuk dikunjungi, Kalimantan merupakan pulau yang masuk dalam pulau yang terbesar di Indonesia disamping ada 2 pulau besar lagi yaitu Sumatera dan Papua. Namun hanya Kalimantan yang dihuni oleh 3 negara sekaligus yaitu Indonesia, Malaysia dan Brunei Darusalam. Kalimantan Selatan adalah daerah yang terletak di paling selatan dari pulau Kalimantan dan memiliki jumlah objek wisata yang patut untuk dikunjungi, dan memang benar sekarang para wisatawan baik itu dari domestik dan wisatawan mancanegara mencari Destinasi Wisata Kalsel untuk menikmati keindahan alamnya.

Berbagai macam Destinasi Wisata Kalsel hadir untuk memanjakan para traveler  dan para pecinta petualangan. Mulai dari pantai, gunung, air terjun, danau dan yang menarik saat ini untuk di kunjungi adalah wisata goa. Bagi wisatawan dari domestik dan wisatawan mancanegara kini tak perlu repot untuk memilih jalur penerbangan menuju Kalimantan Selatan karena Garuda Indonesia siap melayani perjalanan wisata anda.

Wisata goa yang patut anda kunjungi untuk merasakan Wonderful South Borneo yang sebenarnya bisa menuju ke  Kabupaten Tanah Bumbu, berjarak sekitar 270 Km dari Bandara Syamsudin Noor Kota Banjarbaru anda bisa dimanjakan dengan kondisi goa yang masih terjaga keaslian alamnya dan juga kebersihan tempatnya.

Dari kota Banjarbaru bisa ditempuh dengan tempo sekitar 5 jam perjalanan darat. Sesampainya di Kota Batulicin para wisatawan bisa memilih tempat peristirahatan yang cukup beragam jenisnya mulai dari penginapan sampai hotel berbintang. Sebagai kota industri pertambangan cukup banyak tawaran tempat peristirahatan yang memang ditawarkan kepada para pendatang untuk keperluan bisnis dan juga wisata.

Dari kota Batulicin menuju bukit liang bangkai berjarak sekitar 45 Km bisa ditempuh dengan perjalanan darat menggunakan mobil atau kendaraan roda 2. Lokasi tepatnya berada di Kecamatan mantewe, jalan menuju lokasi sudah cukup nyaman karena sudah dalam kondisi aspal namun ada sebagian yang masih berupa jalan tanah berbatu ketika hampir sampai di bukit. 
Kondisi jalan menuju bukit liang bangkai
Bukit liang bangkai menawarkan wisata penelusuran goa yang cukup untuk memanjakan jiwa petualang para wisatawan karena memang banyak lubang-lubang goa yang tersimpat di bukit ini, menurut peta lokasi dan penjelasan dari pemandu wisata ada sekitar 11 lubang goa yang bisa dikunjungi disamping ada beberapa terasan dan lorong yang juga bisa ditelusuri.
Lorong utama
peta lokasi sebaran goa

Untuk menjelajah seluruh lubang goa tidak cukup jika hanya satu hari saja, dari penjelasan pemandu wisata untuk menelusuri seluruh lubang goa dan menuju puncak bukit bisa memakan waktu 2 hari bahkan lebih.

Sangat disarankan bagi para wisatawan yang baru pertama kali mengunjungi bukit liang bangkai ini untuk menyewa jasa para pemandu wisata untuk menikmati keunikan masing-masing lubang goa. Untuk menggunakan jasa para pemandu wisata berikut daftar harga yang ditawarkan :
 

Untuk menjaga keindahan goa maka perlu kepedulian bersama bagi para pengunjung agar tetap menjaga kebersihan lingkungan tempat wisata karena masih ada saja warga yang buang sampah sembarangan dan juga melakukan pengrusakan keindahan goa dengan mencorat-coret dinding goa.

Perlu menjadi perhatian juga untuk para wisatawan yang ingin menelusuri goa atau juga menuju puncak bukit dari dalam goa diharapkan agar menjaga kondisi fisik yang prima agar nantinya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama menelusuri goa.

4 comments:

  1. mantap banar tulisannya mang,ae orang banjarmasin jua kah ni ?

    ReplyDelete
  2. makasih mang, iya urang banjar asli, pian banjar jua klo mang

    ReplyDelete
  3. mantap !!! semoga bisa tetap lestari , terhindar dari tangan2 penambang batu bara

    ReplyDelete
  4. Hanyaram tahu ada goa sekeren ini di tanah kelahiran saurang, mantap bang infonya :D

    ReplyDelete

https://www.facebook.com/idminingjobs

http://akhmad-nafarin.blogspot.com/2012/03/kost-banjarmasin-mahasiswakeluarga.html

www.genborneo.com. Powered by Blogger.