Tucuxi (mobil sport bertenaga listrik)
menteri BUMN Dahlan Iskan yang mempopulerkan produk kelas atas kepada masyarakat dengan bantuan media yang memang akrab dengan bapak mentri yang satu ini. mobil sport ini memiliki kecepatan maksimum mencapai 193 km/jam dengan jarak jelajah mencapai 200 mil atau sekitar 321,8 km dalam keadaan charger penuh dan mobil ini dijual dengan harga Rp 1,5 miliar. mobil ini dirakit disebuah bengkel di yogyakarta oleh insinyur bernama Danet Suryatama yang sudah berpengalaman menjadi engineer pabrik mobil di amerika. konsep mobil ini sudah dirancang sekitar tahun 2008 mobil ini rencananya akan dirtawarka kepada pihak amerik namun setelah bertemu dengan dahlan iskan maka mobil ini lebih di kenalkan kepada warga indonesia. Dengan semakin menipisnya persediaan bahan bakar minyak di dunia ini maka tenaga listrik dalam perkembangan mobil sangat diperlukan sebagai bahan alternatif pengganti BBM.
Bus listrik (kementerian riset dan teknoligi)
ahmadi mesin 5.0 (buatan dasep ahmadi)
mobil yang satu ini juga diciptakan oleh orang indonesia dengan konsep city car mobil ini diuji coba langsung oleh dahlan iskan. namun mobil ini masih perlu beberapa penyempurnaan lagi sebelum bisa di produksi lebih banyak lagi, jadi kita tunggu saja kelanjutannya.
Gang car (PT.Dirgantara Indonesia)
mobil listrik ini dibuat oleh PT. DI yang sudah lama berkutat pada bidang pesawat terbang tidak mau ketinggalan menggunakan listrik sebagai tenaga penggerak mobil buatanya. sudah lama mobil ini dibuat sekitar 1 tahun yang lalu namun awalnya masih menggunakan bahan bakar minyak sampai dahlan iskan meminta untuk menggantinya dengan menggunakan tenaga listrik sehingga terbentukalah gang car yang bertenaga listrik dengan bentuk yang keci sehingga bisa menembus gang di daerah pada sehingga dinamakan gang car dan dari segi harga cukup terjangkau diperkirakan seharga dua buah motor bebek.
Semar-T (Universitas Sebelas Maret)
Mobil itu
menggunakan baterai 36 volt 100 ampere, yang menghasilkan tenaga 3 HP
(horse power). Badan mobil didesain menggunakan material komposit.
Pembuatan badan mobil dikerjakan secara manual. Bobot total mobil
diperkirakan hanya 300 kilogram. Pertimbangannya, makin berat bobot
kendaraan, konsumsi energi makin besar. Baterai yang bagus dari material litium ion. Ada yang
sudah dijual di pasaran, tetapi harga baterai itu untuk satu mobil masih
mahal, Rp 20 juta. Hal semacam ini yang tengah dikembangkan. Jika
kondisi baterai bagus dan normal, mobil dapat digunakan selama 1,5 jam-2
jam. Untuk mengisi baterai, dibutuhkan 3 jam-4 jam. mobil Semar-T melengkapi inovasi mobil Semar-G (Sebelas Maret Green) yang berbahan bakar bioetanol.
tetep ajah mesin mobil dari luar, cuma rakit nya ajah di sini
ReplyDeletebelum tau ya kalau sudah ada yg 100% buatan Indonesia
Deleteipad.... apa semua komponennya bikinan amerika?
DeleteBoeing.... apa semua komponennya bikinan amerika?
Toshiba.... apa semua komponennya bikinan jepang?
So.... jangan ngecilin arti kemampuan bangsa kita jeng karena semua pertimbangannya adalah bisnis, jadi cari komponen yang terbaik dengan harga termurah kemudian rakit menjadi barang yang kualitas dan daya jualnya bagus. Yang penting adalah konsep design harus kita yang pegang kemudian dipatentkan. begitu loch jeng
saya dukung,,,,
ReplyDeletewajib dukung
DeleteHal yg paling penting adlh seberapa besar komitmen pemerintah sbg aktor utama. Kita tahu selama ini produk otomotif selalu dimonopoli negara lain yg pastinya telah punya "orang" di dalam pemerintahan kita.
ReplyDeleteberbanggalah dengan hasil produk negeri sendiri
Delete